Sunday, September 30, 2018

CorelDraw - Menggabungkan Bangun Datar


Pada pertemuan CorelDraw kali ini, kita akan mempelajari bagaimana caranya menggabungkan atau mengkombinasi bangun datar/beberapa bangun datar sehingga didapatkan suatu bentuk yang baru. Pada aplikasi CorelDraw kita dapat menggabungkan bangun datar dengan menggunakan perintah Weld, dengan menekan tombol Weld. Seperti contoh gambar di bawah ini.


Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuatnya adalah sebagai berikut:
1.        Bukalah aplikasi CorelDraw.
2.     Pilihlah new blank document sehingga akan terbuka layar lembar kerja baru. Setting dengan ukuran kertas A3. Silahkan memilih tipe landscape atau portrait

3.     Selanjutnya dengan menggunakan tool Ellipse 
buatlah lingkaran di lembar kerja. Tekan dan tahan CTRL pada keyboard lalu buatlah lingkaran sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jika sudah selesai, lepaskan tangan dari keyboard tadi.

4.  Setelah membuat lingkaran, kita membuat kotak persegi panjang dengan menggunakan tool Rectangle 
. Buatlah persegi panjang seperti pada contoh di bawah.

5.     Sampai pada langkah ke-4, kita sudah mendapatkan 2 bangun datar yang saling bertumpuk depan-belakang. Tetapi kedua bangun tersebut belum benar-benar berada pada posisi tengah. Sehingga kita perlu untuk memindahkan di posisi yang benar-benar tengah. Maka kita harus menseleksi kedua bangun tersebut dengan cara klik bangun persegi terlebih dahulu kemudian tekan CTRL pada keyboard dan klik bangun lingkaran. Kemudian pada toolbar, pilih dan klik Arrange - Align and Distribute - Align Centers Horizontally. Digunakan untuk posisi tengah secara horisontal.

Ulangi sekali lagi pada Arrange - Align and Distribute dengan memilih Align Centers Vertically, untuk posisi tengah secara vertikal.

Jika sudah selesai, maka akan didapatkan posisi yang benar-benar tengah secara horisontal dan vertikal.

6.      Masih dengan kondisi kedua bangun terseleksi. Pada langkah ini, merupakan langkah dimana kita menggabungkan 2 bangun datar tersebut menjadi sebuah bangun baru yaitu dengan menggunakan Weld. Pada property bar pilih dan klik Weld sehingga akan terbentuk bangun baru seperti pada gambar.

7.        Kemudian buatlah sebuah teks dengan menggunakan tool Text 
yang bertuliskan Jaya. Sehingga didapatkan hasil seperti pada gambar.

8.        Lakukan langkah pada no 7 untuk membuat teks yang lain.

9.    Langkah terakhir adalah mengubah posisi teks supaya berada di tengah-tengah yaitu dengan melakukan klik teks kemudian lakukan langkah pada no 5 dengan memilih Center to Page Horizontally.

10.    Kemudian lakukan group supaya tidak berubah posisi dengan cara seleksi semuanya, bangun datar dan teks, dengan cara klik dan tahan mouse pada ujung kiri atas (ruang kosong) kemudian tarik secara diagonal menuju kanan bawah.

11.    Selesai.

0 comments:

Post a Comment