Tuesday, November 20, 2018

SERAT ALAM DARI HEWAN

Bangsa Eropa banyak menyukai bahan serat yang berasal dari hewan ini. Selain memiliki tekstur yang lembut dan halus, sifat dari serat hewan ini menghangatkan sehingga banyak orang-orang yang berada di daerah musim dingin memanfaatkan serat ini. Bagian dari hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah bulu dimana yang paling banyak digunakan adalah stapel dan filamen.

1. Serat dari Stapel
Stapel merupakan serat berbentuk rambut hewan yang disebut dengan wol. Contohnya domba, alpaca, unta, cashmer, mohair, kelinci, dan vicuna.


2. Serat dari Filamen
Serat filamen merupakan serat yang berbentuk jaringan. Serat ini berasal dari larva ulat sutera yang digunakan untuk membentuk kepompong. Kepompong inilah yang dipintal menjadi benang.


Karakteristik bahan serat alam dilihat dari permukaan seratnya, seperti kehalusan, kekuatan, daya serap, dan kemuluran atau elastisitas. Bahan tekstil dari selulosa (kapas) memiliki beberapa karakter bahan terasa dingin dan sedikit kaku, mudah kusut, mudah menyerap keringat, rentan jamur, mudah terbakar. Sedang serat sutera mempunyai ciri-ciri berkilau, lembut, tidak mudah kusut, sangat halus, tahan terhadap sinar matahari, daya serap cukup tinggi, tidak mudah berjamur, mudah terbakar, bulat, serta mudah dihancurkan. Ciri Serat wol yaitu agak kuat, tidak berkilau, keriting, kekenyalan tinggi, elastisitas tinggi, dan merupakan penahan panas yang baik, tahan terhadap jamur dan bakteri.




Sumber buku Kemdikbud

0 comments:

Post a Comment